Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya mata pelajaran Muatan Lokal Budaya Banyumasan yang diimplementasikan dikelas V, serta didalamnya terdapat materi tata krama sebagai mata pelajaran penumbuhan karakter siswa yang meliputi karakter tanggung jawab, disiplin dan komunikatif. Penelitian ini berfokus mengenai Dampak Implementasi Muatan Lokal Budaya Banyumasan dalam Penumbuhan Karakter Siswa kelas V SD Negeri 01 Gancang Kecamatan Gumelar Tahun pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak Implementasi Muatan Lokal Budaya Banyumasan pada Penumbuhan Karakter Siswa Kelas V SD Negeri 01 Gancang Kecamatan Gumelar Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang dugunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dampak Impelementasi Muatan Lokal Budaya Banyumasan pada Penumbuhan Karakter Siswa kelas V sudah diterapkan dengan baik dan berdampak positif bagi karakter tanggung jawab melaksanakan tugas, disiplin dalam waktu dan berpakain, serta komunikatif dengan bahasa yang sopan dan santun dalam bergaul di Sekolah yang diterapkan Siswa Kelas V.