Abstract :
Pendidikan prasekolah adalah pendidikan anak usia dini yang memiliki peranan penting dalam mengembangkan kepribadian anak dan mempersiapkannya memasuki jenjang selanjutnya. Namun, masih banyak orang tua yang menganggap pendidikan prasekolah tidak terlalu penting. Hal itu dapat menimbulkan perbedaan kemampuan siswa kelas 1 SD/MI yang telah mengikuti pendidikan prasekolah dan yang tidak. Fokus penelitian pada prestasi belajar siswa kelas 1 SD/MI ditinjau dari pengalaman pendidikan prasekolah di Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas 1 SD/MI ditinjau dari pengalaman pendidikan prasekolah di Kecamatan Gumelar Kabuptaen Banyumas Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verification. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa kelas 1 yang telah mengikuti pendidikan prasekolah lebih unggul dari pada siswa yang tidak mengikutinya. Saran dalam penelitian ini orang tua agar lebih sadar akan pentingnya pendidikan prasekolah.