Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 01 Sambirata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran Two-Stay Two-Stray dan Team Accelerated Instruction. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan jenis Pre-Experimental Designs, dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik sample yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan jumlah sampel 73 siswa terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas VA dan kelas VB. Hasil uji statistik Independent Sampel T-Test yang dilakukan, nilai signifikansi 0,05 dan nilai t hitung pada penelitian ini adalah 1,940 lebih besar dari t tabel 1,666. Maka dapat diambil keputusan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) diterima yaitu ada perbedaan prestasi belajar antara model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Team Accelerated Instruction mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 01 Sambirata. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Team Accelerated Instruction dapat digunakan sebagai alternatif untuk menyampaikan materi secara efektif dan efisien.