DETAIL DOCUMENT
PENGARUH LKS BERBASIS SETS TEMA BENDA DAN SIFATNYA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS KELAS V SDN KALIERANG 01 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Pahlevi, Sigit
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2019-10-15 08:01:37 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pembelajaran IPA kelas V di SDN 01 Kalierang, khususnya pada materi udara bersih bagi kesehatan masih menggunakan media yang membuat siswa hanya menghafal materi tanpa tahu prosesnya dan siswa belum mampu menemukan konsep sendiri, dan kurang aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh LKS berbasis SETS terhadap KPS siswa kelas V SDN Kalierang 01. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan Pendekatan penelitian The One Group Pratest Posttest Teknik sampel yang digunakan simple random sampling jumlah sampel sebanyak 21 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana taraf signifikasi 5%. Berdasarkan hasi analisis diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: pengaruh yang signifikan antara LKS berbasis SETS terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) mata pelajaran IPA materi Benda dan Sifat benda di Kelas VB SD Negeri Kalierang 01 Tahun Pelajaran 2018/2019. Besarnya pengaruh yaitu 92,6% dengan menggunakan LKS berbasis SETS terhadap Keterampilan Proses Sains. Sedangkan sisanya 7,4% dipengaruhi oleh variabel lain dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan LKS berbasis SETS berpengaruh terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. 
Institution Info

Universitas Peradaban