DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN OUTDOOR STUDY MATERI PELUANG UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Ridlo, Muhammad Faisal (NIM.40314020)
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2019-10-27 07:53:21 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hasil PAS Semester genap mata pelajaran matematis kelas VIII tahun pelajaran 2017/2018 menunjukkan bahwa lebih dari 75% siswa belum mencapai KKM, lebih banyak siswa yang tidak tuntas dibandingkan dengan siswa yang tuntas dengan KKM senilai 65. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan Pendekatan Outdoor Study mencapai ketuntasan, rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan Pendekatan Outdoor Study lebih baik dibandingkan dengan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, adanya pengaruh positif dari aktivitas siswa yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan Pendekatan Outdoor Study terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Populasi dan sampel penelitian ditentukan melalui teknik Random Sampling. Analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan, uji beda rata-rata, dan uji regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata nilai siswa yang diajar dengan menggunakan model Teams Games Tournament dengan Pendekatan Outdoor Study melampaui 65 dengan proporsi siswa yang tuntas 88%. Hasil rata- rata nilai tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen adalah 75 lebih baik dibandingkan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas kontrol yaitu 57,04. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi 
Institution Info

Universitas Peradaban