DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MARGASARI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Safitri, Siti Ekha (NIM.40314025)
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2019-10-27 07:53:10 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil PTS Semester 2 mata pelajaran matematika kelas VIII tahun pelajaran 2017/2018 menunjukkan bahwa lebih dari 75% siswa belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Creative Problem Solving dan Resource Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII. Keefektifan dilihat dari model pembelajaran Creative Problem Solving dan Resource Based Learning dapat melampaui KKM, perbandingan antara model Creative Problem Solving dan Resource Based Learning dengan model konvensional, serta besar pengaruh dari model Creative Problem Solving dan Resource Based Learning. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dan sampel penelitian ditentukan melalui teknik Random Sampling. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata nilai siswa yang diajar dengan menggunakan model Creative Problem Solving dan Resource Based Learning melampaui 73 dengan proporsi siswa yang tuntas 87,09% dan 87,5%. Hasil rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas Creative Problem Solving dan Resource Based Learning adalah 82,94 lebih baik dibandingkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas kontrol yaitu 69,26. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Y ?=a+bx=-308,606+6,130x dan Y ?=a+bx=-255,313+5,267x menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 62,7% dan 83,2%. Karena memenuhi keempat kriteria keefektifan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving dan Resource Based Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. 
Institution Info

Universitas Peradaban