Institusion
Universitas Peradaban
Author
Purnomo, Agus (NIM.40214043)
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Datestamp
2019-11-17 04:24:50
Abstract :
Latar belakang pada penelitian ini ditemukan hasil belajar kognitif dan motivasi belajar siswa masih rendah, terutama pada pembelajaran IPA. Selain itu, ditemukan pula dalam pembelajaran guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model outdoor learning terhadap hasil belajar kognitif
siswa kelas V SD Negeri 03 Kedunggede Tahun Pelajaran 2019/2020, serta untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model outdoor learning terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Kedunggede Tahun Pelajaran 2019/2020
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri se-Desa Kedunggede. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Kedunggede sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri 02 Kedunggede sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana.
Hasil penelitian diperoleh 1) terdapat pengaruh model outdoor learning terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SD Negeri 03 Kedunggede Tahun Pelajaran 2019/2020, dan 2) terdapat pengaruh model outdoor learning terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Kedunggede Tahun Pelajaran
2019/2020.