Institusion
Universitas Peradaban
Author
Kusmaryanto, Luqman (NIM.40214140)
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Datestamp
2019-11-17 04:25:53
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena yang terjadi di sekolah dasar penyelenggara inklusi yang memiliki dua jenis siswa dalam kelas, yaitu anak reguler dan anak berkebutuhan khusus sehingga dalam pembelajarannya menggunakan model kluster guna mengoptimalkan kemampuan anak berkebutuhan khusus.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Kluster Kepada Siswa Berkebutuhan Khusus Dalam Pendidikan Inklusi Di SD Negeri 5 Arcawinangun Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan tahapan penerapan model kluster yang dilakukan oleh SD yaitu melakukan identifikasi peserta didik anak berkebutuhan khusus dilakukan ketika berkebutuhan khusus mendaftar ke sekolah. Setelah diterima, guru kelas dan guru pendamping menempatkan posisi anak berkebutuhan khusus duduk berkelompok dengan anak berkebutuhan khusus lainnya agar memudahkan pelayanan bimbingannya. Surat hasil pemeriksaan psikologi berisi kelemahan dan kelebihan anak berkebutuhan yang digunakan untuk asesmen anak berkebutuhan khusus. Sekolah menentukan layanan yang cocok yaitu model kluster ragam inklusi dan pull-out. Proses evaluasi dilakukan oleh guru kelas dan guru pendamping dengan raport yang berbeda. Anak berkebutuhan khusus dikembalikan ke kelas setelah melaksakan kluster pull-out. Soal ujian nasional untuk anak berkebutuhan khusus sama dengan anak reguler dan setelah lulus mereka berhak melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.