Institusion
Universitas Peradaban
Author
Nabillah, Alifah Badzlina (NIM.40215101)
Subject
Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Datestamp
2019-11-17 04:25:45
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi guru di Indonesia. Maka dari itu, perlu adanya strategi Kepala Sekolah dalam mengembangkan kompetensi profesionaslisme guru sehingga guru dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Pancasan pada bulan Agustus 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Kepala Sekolah dalam mengembangkan kompetensi profesionalisme guru di SD Negeri 1 Pancasan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Subyek penelitian yaitu Kepala Sekolah dan Guru SD Negeri 1 Pancasan. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara/interview, dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi Kepala Sekolah sudah berjalan dengan cara: (1) mengikutsertakan guru untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan, (2) memberi motivasi kepada guru, (3) penataran, (4) workshop, dan (5) supervisi. Kompetensi profesionalisme guru juga sudah baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah strategi Kepala Sekolah dalam mengembangkan kompetensi profesionalisme guru sudah baik. Saran dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah diharapkan lebih mengembangkan kompetensi profesionalisme guru karena ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang, dan guru diharapkan untuk lebih mempelajari perkembangan ilmu dan teknologi sehingga dapat memberikan yang terbaik di depan anak didik.