Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model sains teknologi masyarakat (STM) terhadap hasil pembelajaran tematik siswa kelas V SD Negeri Wanareja 01 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan bentuk one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Wanareja 01. Teknik sampel yang digunakan adalah random sampling. Sampel penelitiannya adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Wanareja 01 sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji regresi linear sederhana dan uji T sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model sains teknologi masyarakat (STM) terhadap hasil pembelajaran tematik siswa kelas V SD Negeri Wanareja 01 Tahun Pelajaran 2019/2020 sebesar 60,30%. Sedangkan 39,70% sisanya dipengaruhi faktor lain.