DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEDIA WAYANG KERTAS DAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA BAHASA JAWA SISWA KELAS V MI MA’ARIF NU 01 KARANGKEMIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Rahmawati, Asih Diana (NIM.40214126)
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2019-11-20 03:38:43 
Abstract :
Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah siswa tidak menyukai mata pelajaran Bahasa Jawa, kurang antusias, suasana belajar kurang menarik dan rendahnya gairah belajar. Hal itu menjadi penyebab nilai rendahpada mata pelajaran Bahasa Jawa terutama pada keterampilan bercerita Bahasa Jawa.Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Seberapabesar pengaruh Media Wayang Kertas terhadap keterampilan bercerita Bahasa Jawa siswa kelas V MI Ma?arif NU 01 Karangakemiri Tahun Pelajaran 2018/2019, (2) Seberapa besar pengaruh Media Gambar Seri terhadap keterampilan bercerita Bahasa Jawa siswa kelas V MI Ma?arif NU 01 Karangkemiri Tahun Pelajaran 2018/2019, (3) Seberapa besar pengaruh Media Wayang Kertas dan Media Gambar Seri terhadap keterampilan bercerita Bahasa Jawa siswa kelas V MI Ma?arif NU 01 Karangakemiri Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui seberapa besar pengaruh Media Wayang Kertas terhadap keterampilan bercerita Bahasa Jawa siswa kelas V MI Ma?arif NU 01 Karangakemiri Tahun Pelajaran 2018/2019, (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh Media Gambar Seri terhadap keterampilan bercerita Bahasa Jawa siswa kelas V MI Ma?arif NU 01 Karangkemiri Tahun Pelajaran 2018/2019, (3) Mengetahui seberapa besar pengaruh Media Wayang Kertas dan Media Gambar Seri terhadap keterampilan bercerita Bahasa Jawa siswa kelas V MI Ma?arif NU 01 Karangakemiri Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan tipe desain penelitian One Shot Case Study. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma?arif NU 01 Karangkemiri yang berjumlah 16 siswa.Terdapat dua variabel bebas dalam penelitian yaitu Media Wayang Kertas dan Media Gambar Seri, sedangkan variabel terikatnya keterampilan bercerita Bahasa Jawa. Adapun cara untuk memperoleh skor keterampilan bercerita dilakukan dengan cara memberi tes uraian sebanyak dua kali dengan instrumen sebanyak 5 butir soal tiap tesnya. Hasil penelitian yaitu: (1) Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji regresi linier ganda menghasilkan harga Fhitung 0,347 < Ftabel 2,76. Maka hipotesis ditolak dan menghasilkan keputusan bahwa tidak ada pengaruh Media Wayang Kertas dan Media Gambar Seri terhadap keterampilan bercerita Bahasa Jawa siswa kelas V MI Ma?arif NU 01 Karangkemiri Tahun Pelajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Peradaban