Institusion
Universitas Peradaban
Author
Kusumawono, Tafip (NIM.40215031)
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Datestamp
2019-11-20 07:06:17
Abstract :
Latar belakang pada penelitian ini hasil belajar yang diperoleh siswa masih rendah, terutama pada pembelajaran matematika. Selain itu, ditemukan dalam pembelajaran guru masih menggunakan model dan media pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan trans model mathematics education berbantuan teknik subatsaga mata pelajaran matematika tuntas dengan kriteria ketuntasan minimal, serta 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan trans model mathematics education berbantuan teknik subatsaga mata pelajaran matematika lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan metode konvensional.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Kalierang 01. Teknik sampel yang digunakan adalah Non Probability Sampling. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas IV A SD Negeri Kalierang 01 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B SD Negeri Kalierang 01 sebagai kelas kontrol.
Hasil penelitian diperoleh 1) hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan trans model mathematics education berbantuan teknik subatsaga mata pelajaran matematika tuntas dengan criteria ketuntasan minimal, serta 2) hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan trans model mathematics education berbantuan teknik subatsaga mata pelajaran matematika lebih baikd aripada rata-rata hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan metode konvensional.