DETAIL DOCUMENT
PENGARUH UKURAN KAP, KAP TENURE, SPESIALISASI INDUSTRI KAP, UKURAN PERUSAHAAN KLIEN, CLIENT IMPORTANCE, DAN REPUTASI KAP TERHADAP KUALITAS AUDIT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Amalia, Rizqiyatul
Subject
Audit Keuangan, Pemeriksaan Keuangan 
Datestamp
2017-04-11 13:21:48 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian sekunder pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini mengambil judul: ?Pengaruh Ukuran KAP, KAP Tenure, Spesialisasi Industri KAP, Ukuran Perusahaan Klien, Client Importance, Reputasi KAP Terhadap Kualitas Audit?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Ukuran KAP, KAP Tenure, Spesialisasi Industri KAP, Ukuran Perusahaan Klien, Client Importance, Reputasi KAP Terhadap Kualitas Audit. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 140 sampel. Purposive sampling method digunakan dalam penentuan sampel dengan beberapa kriteria. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dalam penelitian ini digunakan analisis jalur (Path analysis) dengan menggunakan SPSS 17. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan SPSS menunjukkan bahwa: (1) Ukuran KAP berpengaruh positif signifikan terhadap Kualitas audit karena nilai signifikansi sebesar 0.026 berada dibawah nilai alpha sebesar 0.05 (0.026 < 0.05) dan nilai t hitung sebesar 2.252 lebih besar dari nilai t tabel 1,995 (2.252 > 1.995). (2) KAP Tenure tidak berpengaruh signifikan terhadap Kualitas audit, nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0.459 dan berada diatas nilai alpha sebesar 0.05 (0.459 > 0.05) dan nilai t hitung sebesar -0.743 lebih kecil dari nilai t tabel 1,995 (-0.743 < 1.995). (3) Spesialisasi industri KAP berpengaruh signifikan tetapi dengan arah negatif terhadap kualitas audit, nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0.000 (0.000 < 0.05) dan nilai t hitung sebesar -4.118 lebih kecil dari nilai t tabel 1,995 (-4.118 < 1.995). (4) Ukuran perusahaan klien berpengaruh negatif signifikan terhadap Kualitas audit karena nilai signifikansi sebesar 0.000 berada dibawah nilai alpha sebesar 0.05 (0.000 < 0.05) dan nilai t hitung sebesar -10.720 lebih kecil dari nilai t tabel 1,995 (-10.720 > 1.995). (5) Client importance tidak berpengaruh signifikan terhadap Kualitas audit, nilai signifikansi 0.506 dan berada diatas nilai alpha sebesar 0.05 (0.506 > 0.05) dan nilai t hitung -0.667 lebih kecil dari nilai t tabel 1,995 (-0.667 < 1.995). (6) Reputasi KAP tidak berpengaruh signifikan terhadap Kualitas audit , nilai signifikansi 0.955 dan berada diatas nilai alpha sebesar 0.05 (0.955 > 0.05) dan nilai t hitung 0.056 lebih kecil dari nilai t tabel 1,995 (0.056 < 1.995). Dengan R Square sebesar 0.575 menunjukkan bahwa Ukuran KAP, KAP Tenure, Spesialisasi Industri KAP, Ukuran Perusahaan Klien, Client Importance, dan Reputasi KAP dapat mempengaruhi kualitas audit sebesar 57% sedangkan sisanya sebesar 43% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diketahui dan tidak termasuk dalam analisis jalur ini. 
Institution Info

Universitas Peradaban