Abstract :
Sikap sosial sangat penting untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain. Sikap sosial perlu dikembangkan pada usia anak Sekolah Dasar (6-12 tahun). Pada usia tersebut merupakan tahap penting dalam pembentukan karakter anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepala bernomor terstruktur terhadap sikap sosial dalam pembelajaran tematik siswa kelas V MI Muhammadiyah Wangon tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode eksperimen dengan jenis Posttest-Only Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar angket dan lembar observasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil uji hipotesis meggunakan uji regresi linear sederhana dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukan F hitung lebih besar dari F tabel ( 12,908 > 4,41 ), maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh kepala bernomor terstruktur terhadap sikap sosial dalam pembelajaran tematik siswa kelas V MI Muhammadiyah Wangon tahun pelajaran 2019/2020.