Abstract :
Permasalahan yang umum terjadi di sekolah adalah sikap siswa dilingkungan sekolah, terutama sikap sosial siswa. Seperti permasalahan kurangnya kedisiplinan siswa, kurangnya kepercayaan diri siswa dan lain sebagainya. Sehingga peran sekolah sangat penting dalam mengembangkan sikap sosial siswa. Salah satu upaya sekolah dalam mengembangkan sikap sosial siswa adalah dengan program sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap sosial siswa pada pelaksanaan kegiatan program sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. penelitian ini dilakukan di SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengembangkan sikap sosial siswa, sekolah menggunakan langkah-langkah seperti menerapkan keteladanan, menerapkan pembiasaan, melakukan pengklarifikasian sikap kepada peserta didik, melakukan pantauan, dan membuat program-program sekolah. Program-program sekolah yang ada di SDIT Al Irsyad 01 Purwokerto pada level V yaitu outdoor study, outbond, mengundang tokoh, cooking day, bussines day, OSMOSIS, super kids camp, pesantren ramadhan, mabit, fun study. Sikap sosial siswa yang muncul pada pelaksanaan program sekolah yaitu siswa menujukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, percaya diri, toleransi, kerjasama.