DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIKA SISWA KELAS VIII E SMP N 1 PURWOJATI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Riyani, Lia Dwi (NIM.40315006)
Subject
371.9 Pendidikan Khusus, Sekolah Luar Biasa 
Datestamp
2019-11-24 01:59:36 
Abstract :
Keberhasilan dalam proses belajar merupakan hal utama yang didambakan dalam melaksanakan pendidikan di sekolah. Namun, didalam proses pembelajaran tidak menutup kemungkinan siswa mengalami masalah dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Seringkali siswa mengalami kesulitan belajar dalam menyelesaikan soal matematika. Hal ini diperkuat dengan hasil belajar siswa yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Matematika merupakan salah satu mata pelajaran wajib di sekolah. Salah satu materi dalam pembelajaran matematika yang posisinya tergolong penting yaitu geometri. Dalam belajar geometri khususnya pada bangun ruang berhubungan erat dengan kemampuan spasial, karena kemampuan spasial dibutuhkan siswa untuk menunjang dalam menyelesaikan masalah khususnya bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis jenis ? jenis kesulitan belajar matematika ditinjau dari kemampuan spasial tentang bangun ruang sisi datar pada pokok bahasan kubus dan balok di SMP Negeri 1 Purwojati. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, tes kesulitan belajar, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kelas VIII E SMP Negeri 1 Purwojati. Hasil analisis data menunjukan rata ? rata siswa dengan tingkat kemampuan spasial sedang mengalami kesulitan belajar dalam memahami konsep, kesulitan dalam mengolah data serta kesulitan dalam ketrampilan komputasi. Sedangkan, siswa dengan kemampuan spasial rendah rata ? rata mengalami kesulitan dalam mengolah data, kesulitan dalam Bahasa, kesulitan dalam memahami konsep dan kesulitan dalam ketrampilan komputasi. Hasil penelitian menunjukan siswa dengan kmampuan spasial sedang memiliki nilai yang lebih baik, selain itu siswa dengan kemampuan spasial sedang memiliki kesulitan belajar yang lebih sedikit daripada siswa dengan kemampuan spasial rendah. Sebagian besar siswa dengan kemampuan spasial sedang mengalami kesulitan belajar diantaranya kesulitan dalam mengolah data, kesulitan dalam memahami konsep dan kesulitan dalam ketrampilan komputasi. Sedangkan, pada siswa dengan tingkat kemampuan rendah memiliki kesulitan belajar lebih banyak daripada siswa dengan tingkat kemampuan spasial sedang diantaranya kesulitan dalam mengolah data, kesulitan dalam Bahasa, kesulitan dalam memahami konsep serta kesulitan dalam ketrampilan komputasi. 
Institution Info

Universitas Peradaban