DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI KLUWUT 04 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Hidayah, Nida Nur (NIM. 40215020)
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2019-11-24 06:06:38 
Abstract :
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca menulis permulaaan siswa kelas 1 SD Negeri Kluwut 04 pada materi Tema 8 Subtema 1 serta guru masih menggunakan pembelajaran yang konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rata-rata kemampuan membaca menulis permulaan siswa metode pembelajaran SAS dengan bantuan gambar dan kartu huruf lebih baik dari konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ekseperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SD Negeri Kluwut 04. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas 1A SD Negeri Kluwut 04 yang berjumlah 21 siswa dan siswa kelas 1B yang berjumlah 22 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji T sampel independen.Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,96 dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 maka diperoleh ttabel sebesar (4,709 ? 2,021) sehingga thitung ? ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu rata-rata kemampuan membaca menulis permulaan siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran SAS berbantuan media gambar dan kartu huruf efektif terhadap kemampuan membaca menulis permulaan pada materi Tema 8 Subtema 1. 
Institution Info

Universitas Peradaban