Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar komik berbasis PBL pada pelajaran IPA kelas IV materi daur hidup hewan dalam meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah siswa kelas IV di SD Negeri Wanatirta 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan desain One Group pretest-posttest design. Model pengembangan dimodifikasi dari model 4D. model 4 D terdiri dari 4 langkah yaitu
: (1) Define, (2) Design, (3) Develop, (4) Desiminate. Teknik sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan tes. Analisis data menggunakan paired-sampel t- test. Hasil penelitian diperoleh (1) bahan ajar komik layak dan valid berdasarkan hasil validasi materi dan media sebesar 4 dan 5 dengan kategori baik dan sangat baik. (2) bahan ajar komik berbasis PBL efektif digunakan ditunjukan hasil uji t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) < 0,05. Peneliti simpulkan bahwa pengembangan bahan ajar komik berbasis PBL valid dan layak untuk digunakan serta mampu meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah siswa kelas IV.