DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS V SD NEGERI SE-DESA PRUWATAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Sulistiyawati, Yeni (NIM.40215035 )
Subject
153 Intelegensia, Kecerdasan, Mental, Mind Map 
Datestamp
2019-11-25 03:34:41 
Abstract :
Latar belakang penelitian ini ialah kemampuan berfikir kreatif matematis siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk megetahui tingkat ketuntasan KKM dan Rata-rata kemampuan berfikir kreatif matematis siswa model pembelajaran Teams Games tournamen lebih baik dari konvensional Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ekseperimen yang berbentuk Quasi Experiment menggunakan Nonequivalent Control Group Desain, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Pruwatan 03 dan SD Negeri Pruwatan 05. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri Pruwatan 03 yang berjumlah 22 siswa dan SD Negeri Pruwatan 05 yang berjunmlah 20 siswa. eknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan Independent sample t-test. Instrument yang digunakan peneliti ini aitu tes. Hasil rata-rata kemampuan berfikir kreatif matemais siswa menggunakan model Teams Games Tournament siswa denga tuntas melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70, dan rata-rata kemampuan berfikir kreatif matematis siswa pada pembeljaran menggnakan model Teams Gamest Tounament memiliki rata-rata lebih tinggi yaitu 75 dari pada nilai rata-rata yamg menggunakan model konvensional yaitu 50. Berdasarkan hasi analisis dapat disimpulkan bahawa model pembelajaran Teams Games Tournamen efektif terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis 
Institution Info

Universitas Peradaban