Institusion
Universitas Peradaban
Author
Rinaldi, Adimas Herlambang (NIDN.40215036)
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Datestamp
2019-11-25 03:34:35
Abstract :
Latar belakang dari penelitian ini ialah problem solving skill siswa kelas V rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran realistic mathematics education (RME) dan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) ditinjau dari pencapaian problem solving skill siswa kelas V Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V SD Negeri Pagojengan 03. Sampelnya ialah siswa kelas V yang berjumlah 40 anak. Teknik samplingnya menggunakan random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran realistic mathematics education (RME) dan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) ditunjukan dengan t hitung > t tabel, 2,079 > 2,02439. Nilai rata- rata problem solving skill siswa menggunakan model pembelajaran realistic mathematics education (RME) lebih tinggi dibandingakan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) yaitu 83,50 > 76,50. Sehingga model pembelajaran realistic mathematics education (RME) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL).berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti lain disarankan untuk mengadakan penelitian lanjutan yang sejenis dengan penelitian ini, sehingga diperoleh hasil yang lebih meyakinkan serta sebagai sumbangan bagi guru untuk bahan kajian dan peningkatan mutu pendidikan.