DETAIL DOCUMENT
PERAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS TINGGI DI SD NEGERI PANAMBANGAN KECAMATAN CILONGOK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Munawwaroh, Ana Aflahatul (NIM.40215037)
Subject
370 Pendidikan 
Datestamp
2019-11-25 08:40:41 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran gerakan literasi sekolah dalam upaya peningkatan berpikir kritis siswa kelas tinggi di SD Negeri Panambangan. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan kegiatan membaca lima belas menit sebelum pelajaran. GLS ini mempunyai tiga tahap pelaksanaan yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini, bagaimana peran gerakan literasi sekolah dalam upaya peningkatan kemampuan berpikir ktiris siswa kelas tinggi di SD Negeri Panambangan. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui dan menjelaskan peran GLS dalam upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa tinggi di SD Negeri Panambangan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah, 1) Penerapan kegiatan membaca sudah dilakukan sebelum adanya GLS dari pemerintah, 2) GLS dilaksanakan 15 menit sebelum pembelajaran, 3) Kemampuan berpikir ktitis siswa dengan adanya gerakan literasi ini mampu mengalami peningkatan melalui kegiatan bertanya, menjawab pertanyaan, memecahkan masalah, membuat kesimpulan, serta keterampilan mengevaluasi dan menilai hasil pengamatan. Saran untuk penelitian ini yaitu kepada sekolah untuk terus menerus meningkatkan GLS dengan tiga tahapan pelaksanaan literasi dan kemampuan berpikir kritis siswa agar terus terasah. 
Institution Info

Universitas Peradaban