Institusion
Universitas Peradaban
Author
Hidayat, Dayat (NIM.40215040)
Subject
371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan
Datestamp
2019-11-25 08:40:36
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa SD Negeri Ajibarang Wetan merupakan salah satu sekolah dasar di Kabupaten Banyumas yang menyelenggarakan pendidikan inklusi dan manajemen digunakan sebagai pengatur jalannya program. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan di Sekolah Reguler SD Negeri Ajibarang Wetan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan manajemen pendidikan inklusi di SD Negeri Ajibarang Wetan dilakukan dengan perencanaan peserta didik, kurikulum, tenaga pendidik dan sarana prasarana serta menyusun tujuan dari program pendidikan inklusi. Kedua, pengorganisasian dilakukan dengan adanya pembagian tugas dan kepala sekolah menunjuk salah satu guru kelas untuk menjadi guru koordinator pendidikan inklusi. Ketiga, pengarahan meliputi adanya model kepimpinan, pemberian motivasi dan komunikasi. Keempat, pengawasan dilakuan dengan adanya monitoring yang dilakukan setiap tiga bulan sekali dan melakukan pelaporan hasil perkembangan pembelajaran peserta didik berkebutuhan khusus kepada orang tua/wali murid peserta didik berkebutuhan khusus setaip 6 bulan sekali.