Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berawal dari permasalahan yang ada di kelas terkait pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Masalah yang dihadapi adalah belum adanya media sebagai penunjang terkait hasil belajar siswa pada tema peristiwa dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk dan mendeskripsikan kualitas modul tari daerah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Jembayat 03. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R&D) dengan desain True experimental design dan menggunakan model dari Thiagarajan (4D). Teknik sample yang digunakan Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini random sampling. Subjek uji coba penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SDN Jembayat 03 dan SDN Jembayat 06. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes. Berdasarkan hasil pengamatan, terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Terbukti dengan data pretest dan posttest yang diperoleh terlihat jelas perbedaan hasil sesudah dan sebelum perlakuan. Analisis data menggunakan uji banding independen t-test. Hasil penelitian di peroleh (1) modul berbasis gambar layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi media dan materi sebesar 4,0 dengan kategori sangat baik. (2) modul berbasis gambar memiliki pengaruh ditunjukkan dari hasil uji banding yang di peroleh nilai thitung= 4,174 dengan signifikansi 5% dan ttabel sebesar 2,0369.