Institusion
Universitas Peradaban
Author
Agustin, Hafni Mauliya (NIM.40215046)
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Datestamp
2019-11-27 08:43:02
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan terbatasnya bahan ajar dan rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa khususnya pada mata pelajaran IPA di SD Negeri Dukuhturi 01. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan produk dan mengetahui efektivitas penggunaan LKS berbasis STEM dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain Pre-Experimental Design jenis One-Group Pretest-Posttest Design dan menggunakan model 4D dari Thiagarajan. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling purposive dengan jumlah sampel 25 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian di peroleh (1) LKS IPA berbasis STEM layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi media 4,38 yang termasuk kedalam kategori sangat baik dan hasil validasi materi 4,2 yang termasuk kedalam kategori baik. (2) LKS IPA berbasis STEM memiliki pengaruh ditunjukkan dari hasil output Anova nilai sig. = 0,000 < 0,05, tabel R Square 50,6%, dan nilai thitung = 4.850 dengan signifikansi 5% dan ttabel = 1,711. Saran dari penelitian ini adalah pendidik sebaiknya lebih dapat mengembangkan LKS IPA dengan pendekatan yang lain terutama dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.