Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian pada konsumen produk Kapal Api White Coffee di Kabupaten Brebes. Penelitian ini menguji elemen-elemen ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek dengan menganalisis pengaruh keempat elemen ekuitas merek tersebut terhadap keputusan pembelian produk Kapal Api White Coffee di Kabupaten Brebes.
Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling incidental dan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 100 responden produk Kapal Api White Coffee di Kabupaten Brebes khususnya di daerah Kecamatan Paguyangan dan Kecamatan Bumiayu. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel loyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel kesadaran merek, asosiasi merek dan persepsi kualitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai R Square sebesar 38,1% menunjukan bahwa pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel loyalitas merek, kesadaran merek asosiasi merek, dan persepsi kualitas, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini.