Abstract :
Berdasarkan wawancara dengan guru SMK Wicaksana Al-Hikmah Sirampog bahwa kemampuan representasi peserta didik masih kurang, kemudian dibuktikan dengan hasil investigasi yang dilakukan oleh peneliti pada kelas X Farmasi 1 SMK Wicaksana Al-Hikmah Sirampog masih banyak peserta didik yang kurang dalam mengungkapkan sebuah ide atau gagasan dalam bahasanya sendiri. Berdasarkan masalah tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berbantu Chart untuk meningkatkan kemampuan representasi peserta didik.
Jenis penelitian kuantitatif dan pendekatan eksprimen, dengan Posttest Only Kontrol Design. Populasinya peserta didik kelas X SMK Wicaksana Al-Hikmah Sirampog. Sampelnya yaitu kelas eksprimen kelas X Farmasi 1, kelas kontrol kelas X Farmasi 2, dan kelas uji coba kelas X Farmasi 3, dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik analisis datanya dengan analisis data awal, analisis intrumen, dan analisis data akhir.
Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata hasil tes kemampuan representasi kelas eksperimen adalah sebesar 98 dan nilai rata-rata hasil tes representasi kelas kontrol adalah sebesar 90. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata kemampuan representasi peserta didik kelas eksperimen melampaui KKM yaitu 75 dengan proporsi peserta didik yang tuntas melebihi 75%. Selain itu hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes kemampuan representasi kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan representasi kelas kontrol. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi y ?=-24,959+1,420x menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif peningkatan aktivitas peserta didik terhadap peningkatan kemampuan representasi peserta didik sebesar 83,7%. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining Berbantu Chart efektif terhadap kemampuan representasi pada materi statistika kelas X SMK Wicaksana Al-Hikmah Sirampog tahun 2015/2016.