Abstract :
Hasil UAS gasal tahun 2015/2016 kelas VIII SMP Ma?arif NU 04 Bantarkawung menunjukkan bahwa rata-rata nilai UAS matematika masih rendah di bawah standar KKM yaitu 72. Kemudian dilakukan analisis terhadap soal uraian UAS matematika dan diperoleh hasil kemampuan berpikir kreatif matematis siswa rendah. Setelah dilakukan observasi terhadap siswa dan wawancara terhadap guru matematika, ternyata keaktifan belajar siswa juga rendah. Berdasarkan masalah tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan metode brainstorming berpendekatan PCL berbantuan alat peraga circle angle untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode brainstorming berpendekatan PCL berbantuan alat peraga circle angle terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi lingkaran. Dikatakan efektif jika keamampuan berpikir kreatif matematis siswa tuntas KKM, kemampauan berpikir kreatif matematis siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol dan adanya pengaruh positif keaktifan siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimn dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Ma?arif NU 04 Bantarkawung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen VIII A dan kelas kontrol VIII B yang ditentukan melalui teknik Random Sampling.Data dianalisis dengan uji ketuntasan individu, uji proporsi, uji beda rata-rata, analisis regresi sederhana, dan uji R.
Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melampaui 72 dengan proporsi siswa yang tuntaslebihdari 75%. Hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas eksperimen adalah 80,67 lebih baik dibanding rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas kontrol yaitu 71,05. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi ? = -13,787 + 1,231 X menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif peningkatan keaktifan siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebasar 76,5%. Karena memenuhi ketiga kriteria keefektifan maka dapat disimpulkan bahwa metode brainstorming berpendekatan PCL berbantuan alat peraga circle angle efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.