DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL MEANS ENDS ANALYSIS BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Subekti, Takwa Tri
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2017-04-15 14:47:16 
Abstract :
Kemampuan pemecahan masalah matematika perlu dikembangkan melalui jalur pendidikan untuk mengembangkan potensi siswa secara utuh dan bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan seni. Untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat yaitu model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbantuan Geogebra. Analisis hasil kemampuan pemecahan masalah matematika materi persamaan garis singgung lingkaran pada siswa kelas XI SMA Islam Ta?allumul Huda Bumiayu, menunjukan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah. Oleh karena itu, fokus materi pada penelititian ini adalah kemampuan pemecahan masalah pada materi persamaan garis singgung lingkaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran MEA berbantuan Geogebra tuntas KKM, rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mendapat pembelajaran MEA berbantuan Geogebra lebih baik dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, adanya pengaruh keterampilan proses terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Islam Ta?allumul Huda Bumiayu tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah secara simple random sampling, terpilih kelas XI.1 sebagai kelas uji coba, kelas XI.2 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran MEA berbantuan Geogebra dan kelas XI.4 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data diperoleh dengan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data dianalisis dengan uji One Sample Test, uji proporsi, uji Indenpendent Samples Test, dan uji Regression. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen adalah 78,03 dengan presentase ketuntasan belajar siswa secara proporsi yaitu 87,88%, rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model pembelajaran MEA berbantuan Geogebra yaitu 78,03 lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model pembelajaran konvensional yaitu 72,44, dan terdapat pengaruh keterampilan proses siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran MEA berbantuan Geogebra yaitu sebesar 75,1%. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran MEA berbantuan Geogebra efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. 
Institution Info

Universitas Peradaban