Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif, subjek penelitian home industri teh tarik jasmine objek penelitian adalah analisis strategi pemasaran dan kelayakan usaha. Pemilihan sempel melalui metode Snowball Sampling dan diperoleh 25 orang sebagai sempel penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner, wawancara dan observasi. Teknis analisis data penelitian ini adalah analisis kualitatif untuk menilai aspek pemasaran dan aspek finansial.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis strategi pemasaran dan kelayakan usaha home industri teh tarik jasmine dari aspek pemasaran yang dianalisis strategi pemasaran dengan metode teknik analisis SWOT dan aspek finansial dianaisis kelayakan usaha dengan metode Net Prensent Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Payback Period (PP), B/C Ratio dan Probability Index (PI).
Hasil penelitian menjunjukan bahwa: aspek pemasaran dengan metode analisis SWOT menghasilkan strategi SO (Strength Opportunities) memanfaatkan kekuatan dan peluang perusahaan menggunakan media promosi dan jaringan internet dalam pemasaran. Aspek finansial dengan nilai NPV Rp 194.480.291,9 IRR 11,92%, PP 2,08, B/C Ratio 1,2 dan PI 15,65 jadi home industri layak untuk dijalankan.