Abstract :
Berdasarkan hasil tes investigasi kelas VIII SMP N 3 Tonjong diketahui bahwa rata-rata nilai matematika masih di bawah standar KKM, dengan standar KKM adalah 72. Diperoleh dari hasil tes investigasi ini, kemampuan komunikasi matematika siswa rendah. Berdasarkan masalah tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian menggunakan model POGIL bermuatan etnomatematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektivitasan pembelajaran menggunakan model POGIL bermuatan etnomatematika terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Manfaat dari penelitian ini adalah mengetahui efektifnya model POGIL bermuatan etnomatematika sehingga kemampuan komunikasi matematika siswa dapat meningkat baik.
Pendekatan yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tonjong. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen VIII D dan kelas kontrol VIII C, yang ditentukan melalui teknik simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan rata-rata hasil belajar, uji ketuntasan klasikal, uji beda rata-rata dan uji regresi.
Nilai rata-rata tes hasil tes kemampuan komunikasi matematika kelas eksperimen adalah sebesar 80,33 dan nilai rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematika kelas kontol adalah sebesar 74,85. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa kelas eksperimen melampaui 72 dengan proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Selain itu hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematika siswa kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematika siswa kelas kontrol. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi ? = - 74,409 + 1,949 X menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari model pembelajaran POGIL bermuatan etnomatematika terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa sebesar 66,1%.
Berdasarkan keseluruhan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran POGIL bermuatan etnomatematika efektif pada pencapaian kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Saran yang dapat peneliti adalah model pembelajaran POGIL bermuatan etnomatematika dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematika siswa.