DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS SOAL SUPERITEM TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI PEMUSATAN DATA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
MARSSALICHSA, Rosiana
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2022-08-03 07:34:27 
Abstract :
Hasil belajar siswa kelas VIII rendah, dari 91 siswa hanya 12 siswa yang lulus KKM dengan KKM sebesar 70. Buku ajar sebagai sumber belajar tidak bisa digunakan siswa secara maksimal, sumber belajar siswa dirumah adalah lembar kerja siswa (LKS) dengan keterbatasan isi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) berbasis soal superitem terbimbing untuk memfasilitasi pemahaman konsep matematika pada materi pemusatan data kelas VIII sekolah menengah pertama (SMP). Validitas dilihat berdasarkan hasil validitas materi serta validitas media, kepraktisan dilihat berdasarkan hasil respon guru dan angket respon siswa, serta keefektifan dilihat dari uji ketuntasan rata-rata dan uji ketuntasan proporsi. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan menurut Dick dan Carry. Metode pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap, yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan produk dinyatakan melalui pengujian para ahli, respon guru dan respon siswa. Persentase yang dicapai oleh ahli materi diperoleh rata-rata persentase sebesar 96% dengan kategori sangat layak. Persentase yang dicapai oleh ahli media diperoleh rata-rata persentase sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Hasil persentase dari respon guru sebesar 76% dengan kategori layak dan hasil respon siswa sebesar 81% dengan kategori sangat layak. Hasil rata-rata ulangan harian siswa yang diajar dengan LKS berbasis soal superitem terbimbing untuk memfasilitasi pemahaman konsep matematika pada materi pemusatan data kelas VIII sekolah menengah pertama (SMP) sebesar 81,97 dengan persentse atau proporsi ketuntasan hasil ulangan mencapai 70 sebesar 90%, sehingga rata-rata ulangan harian yang diajar dengan LKS berbasis soal superitem terbimbing untuk memfasilitasi pemahaman konsep matematika pada materi pemusatan data kelas VIII sekolah menengah pertama (SMP) melebihi 75% dari jumlah siswa. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian bahwa LKS berbasis soal superitem terbimbing untuk memfasilitasi pemahaman konsep matematika pada materi pemusatan data kelas VIII sekolah menengah pertama (SMP) valid, praktis dan efektif. 
Institution Info

Universitas Peradaban