DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BARISAN DAN DERET ARITMETIKA SMA KELAS XI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
ZARKASIH, Effendi
Subject
Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika 
Datestamp
2022-08-04 03:40:22 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan representasi matematis siswa Indonesia. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian PISA tahun 2019. Indonesia berada di peringkat 7 dari bawah (73) dengan skor rata-rata 379. Indonesia berada di atas Arab Saudi yang memiliki skor rata-rata 373. Kemudian untuk peringkat satu, masih diduduki China dengan skor rata-rata 591. Lalu untuk kategori kinerja sains, Indonesia berada di peringkat 9 dari bawah (71), yakni dengan rata-rata skor 396 berada di atas Arab Saudi yang memiliki rata-rata skor 386. Peringkat satu diduduki China dengan rata-rata skor 590. Penelitian ini merupakan penelitian kajian literatur. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan mengumpulkan dokumen berupa jurnal-jurnal yang berkaitan. Teknik analisis data dilakukan dengan empat tahapan, yaitu: Organize, Synthesis, Identify, dan formulate. Hasil penelitian secara umum diperoleh bahwa model pembelajaran, kecemasan, dan gender berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis. Hal ini terlihat dari penelitian yang telah dilakukan. Pembelajaran yang berpusat pada siswa dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis karena siswa berperan aktif di dalam kegiatan pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Peradaban