DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KUBUS DAN BALOK DI TINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL KELAS VIII MTS AL-ITTIHADIYAH GALUH TIMUR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
HENY, Vega Nautika Bahtera
Subject
Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika 
Datestamp
2022-08-06 06:40:03 
Abstract :
Matematika merupakan ilmu yang selalu diidentikkan dengan segala sesuatu yang bersifat abstrak, perhitungan, penalaran, menghafal rumus, keaktifan berfikir dan pemahaman teorema yang digunakan sebagai dasar mata pelajaran eksak lainnya. Salah satu konsep dalam matematika yang diajarkan di sekolah adalah konsep geometri. Rendahnya kemampuan geometri menandakan rendahnya kemampuan spasial. Kemampuan spasial sangat penting untuk ditingkatkan dalam pembelajaran matematika khususnya geometri. Kemampuan spasial sangat penting, namun dalam sistem pendidikan nampaknya hal tersebut masih sangat kurang diperhatikan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesulitan siswa pada kategori kemampuan spasial sedang, tinggi dan rendah dalam menyelesaikan soal kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan objek penelitian siswi MTS Al-Ittihadiyah Galuh Timur. Pengumpulan data juga dilakukan melalui observasi, angket, tes kesulitan belajar, wawancara hingga dokumentasi untuk mendapatkan analisis yang tepat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kemampuan siswa dengan tingkat spasial tinggi telah memiliki hampir seluruh kemampuan spasial baik Mental Rotation, Visualisation, Spatial Perception & Relation maupun Orintation. Sedangkan, tingkat spasial sedang kurang memiliki kemampuan spatial visualization dan orientation serta tingkat kemapuan spasial rendah kurang memiliki kemampuan spatial orientation, rotation maupun visualization. 
Institution Info

Universitas Peradaban