DETAIL DOCUMENT
MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA BERDASARKAN REVIEW LITERATUR PENELITIAN TERBARU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
SETIANINGRUM, Dita
Subject
Hasil Belajar, Prestasi Siswa 
Datestamp
2022-08-06 06:39:39 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar matematika siswa. Hal ini dikarenakan masih banyaknya penelitian yang mengungkapkan bahwa guru mengunakan model pembelajaran konvensional yang berfokus pada guru, kurang melibatkan siswa secara aktif sehingga menyebabkan siswa tidak dapat menyerap materi dengan baik. Salah satu model pembelajaran yang dianggap mampu meningkatkan prestasi belajar siswa adalah model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Model pembelajaran TAPPS ini mengharuskan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran melalui pembagian peran pada masing-masing siswa yaitu sebagai problem solver dan listener untuk saling bekerja sama dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian kepustakaan (library research). Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang berupa hasil-hasil penelitian seperti buku-buku ilmiah, jurnal ilmiah, laporan penelitian, dan sumber pustaka lain yang relevan. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi tiga tahapan, yaitu organize, synthesize, dan identify. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terlihat dari banyaknya teori-teori dan penelitian-penelitian yang mendukung terkait model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Peradaban