DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN TEORI DIENES DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
PRADANA, M. Alfaridzy Bangkit
Subject
Hasil Belajar, Prestasi Siswa 
Datestamp
2022-08-06 06:39:28 
Abstract :
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar siswa dapat mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan penggunaan model pembelajaran berbasis teori dienes, mengetahui hasil belajar siswa dengan model pembelajaran berbasis teori dienes lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional, serta mengetahui pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Subjek data yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII SMP Putra Bangsa Bantarkawung. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis teori dienes dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes, dan observasi. Sebelum diberi perlakuan pembelajaran, pada kedua kelompok terlebih dahulu dilakukan analisis data awal. Analisis data awal yang digunakan adalah uji normalitas dengan menggunakan Chi-Kuadrat, uji homogenitas dengan menggunakan uji-F, dan uji kesamaan dua rata-rata dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan analisis data akhir, bahwa secara klasikal ketuntasan belajar kelompok eksperimen mencapai 87,5%. Dan dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil thitung: 0,059 < 0,063: sehingga Ho diterima, artinya nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran berbasis teori dienes lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Selain itu diperoleh ?r ?_XY = 0,684 dengan r(0,01;32) = 0,449; r(0,05;32) = 0,349; dan r_XY^2 = 46,74% sehingga diperoleh persamaan regresi . Karena rhitung > rtabel maka terdapat hubungan yang positif sebesar 0,684 dan besar kontribusi aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa adalah 46,74%. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis teori dienes efektif. Dari penelitian ini diharapkan model pembelajaran berbasis teori dienes dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran, pengelolaan kelas harus lebih diperhatikan pada saat pelaksanaan model pembelajaran berbasis teori dienes, terlebih pada saat berdiskusi agar tidak menimbulkan kegaduhan. 
Institution Info

Universitas Peradaban