DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KUALITAS FUNGSIONAL DAN KUALITAS TEKNIS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
ULFAH, Siti Maria
Subject
Manajemen Pemasaran dan Penjualan, Rencana Pemasaran, Hubungan Pelanggan 
Datestamp
2022-08-15 06:25:39 
Abstract :
Perkembangan bisnis saat ini sudah banyak berkembang dari sekedar bisnis biasa menjadi bisnis global. Perusahaan menyediakan berbagai variasi dalam hal menarik konsumen jasa pengiriman, jasa yang diberikan antara lain pengiriman antar negara di dunia, pengiriman keluar kota di Indonesia dan bahkan ada yang menawarkan pengiriman dalam kota dan wilayah tertentu. J&T Express merupakan penyedia jasa pengiriman jasa pengangkut atau pengiriman uang dan dokumen mempunyai banyak kemudahan kelebihan dalam pelayanannya. Untuk mempertahankan pelanggan J&T Express harus mampu memberikan kualitas layanan yang bagus baik kualitas fungsional maupun kualitas teknisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas fungsional dan kualitas teknis terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variable mediasi. Sampel pada penelitian ini adalah 110 orang pelanggan yang pernah menggunakan jasa J&T Express yang disebar melalui sosial media. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS v.16. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas fungsional berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, kualitas teknis berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, kualitas fungsional berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, kualitas teknis berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan memediasi pengaruh kualitas fungsional terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan tidak memediasi pengaruh kualitas teknis terhadap loyalitas pelanggan. 
Institution Info

Universitas Peradaban