DETAIL DOCUMENT
ANALISIS RESEPSI PENDENGAR TERHADAP ISI PESAN PADA IKLAN TESTIMONI NUTRISI HERBAL NARIYAH DI RADIO KASIHKU FM BUMIAYU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
UTAMI, Rosita Indah
Subject
Isi Komunikasi; Strategi Komunikasi 
Datestamp
2023-01-03 03:52:19 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi, karena sebuah iklan testimoni seringkali menjadi wadah bagi media atau perusahaan untuk mempersuasi pendengar bahkan meyakinkan pendengar agar mengonsumsi produk atau jasa yang ditawarkan, akan tetapi kalimat yang tertuang pada isi pesan iklan testimoni nutrisi Herbal Nariyah ini tidak terdapat pernyataan yang mengunggulkan produk. Meskipun demikian, produk nutrisi Herbal Nariyah ini diminati oleh masyarakat dari berbagai daerah, hal ini tentunya berkaitan dengan penerimaan pendengar terhadap isi pesan pada iklan testimoni nutrisi Herbal Nariyah tersebut. Dalam penelitian ini akan membahas mengenai bagaimana resepsi atau penerimaan pendengar terhadap isi pesan pada iklan testimoni nutrisi Herbal Nariyah di Radio Kasihku FM Bumiayu. Tujuan penelitian yaitu untuk untuk mengetahui dan menjelaskan resepsi pendengar terhadap isi pesan pada iklan Testimoni Nutrisi Herbal Nariyah di Radio Kasihku FM Bumiayu. Untuk mengungkap permasalahan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Kemudian data dianalisis oleh peneliti secara kritis dengan konsep Encoding dan Decoding, sehingga diperoleh makna yang mendalam tentang analisis resepsi tersebut. Dari hasil penelitian, pemaknaan pendengar mengenai isi pesan pada iklan testimoni nutrisi Herbal Nariyah adalah sebagai pesan yang menjelaskan bahwa Herbal Nariyah ini hanya lantaran dan sebagai jalan bagi kita mendapat keberkahan. Hasil analisis resepsi pendengar terhadap isi pesan pada iklan testimoni nutrisi Herbal Nariyah di peroleh sebuah data bahwa posisi informan berdasarkan pemaknaan pendengar mengenai isi pesan pada iklan testimoni nutrisi Herbal Nariyah di Radio Kasihku FM terdapat sebanyak 7 (tujuh) orang termasuk kedalam posisi dominan (hegemonic position/reading), dan sebanyak 10 (sepuluh) orang masuk kedalam posisi negosiasi (negotiated position/reading), sedangkan karena media sudah memastikan bahwa pesan yang diproduksinya sudah sesuai dengan budaya dominan maka dalam proses decoding tidak ditemukan informan yang masuk ke dalam posisi oposisi (oppositional position/reading). Pemaknaan pendengar dimulai dari adanya ketertarikan untuk mendengar iklan testimoni nutrisi Herbal Nariyah yang menyiarkan kesaksian nyata dari seseorang yang sembuh dari penyakitnya tersebut. Dalam penelitian ini, diharapkan sudah tepat pada sasaran, artinya dapat diterima di masyarakat, khususnya pendengar radio. Untuk pendengar diharapkan dapat lebih banyak lagi mengeksplorisasi media dengan cakupan pendengar yang luas dalam meresepsi media. 
Institution Info

Universitas Peradaban