DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTU MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IV
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
CIPTADI, Dodi
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2022-08-24 03:10:09 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perhatian siswa terhadap pembelajaran, khususnya pada pembelajaran matematika dan kurangnya kemampuan guru dalam menjelaskan dan mengembangkan materi pada pembelajaran, sehingga berpengaruh pada kemampuan pemecahan masalah siswa. Diperlukannya inovasi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran dan menggunakan sebua media pembelajaran, agar dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh bukti dari efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dengan bantuan media permainan ular tangga terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament berbantu media permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. 
Institution Info

Universitas Peradaban