DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
HIDAYAH, Anis Nurul
Subject
Kemampuan Menulis 
Datestamp
2022-08-24 03:09:49 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas V SD Negeri Kalierang 03 Tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab dan upaya untuk mengatasi rendahnya keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis isi. Hasil penelitian diperoleh menunjukkan bahwa penyebab rendahnya keterampilan menulis cerita pendek dan upaya untuk mengatasinya yang terjadi pada siswa kelas V sekolah dasar ada dua, yaitu faktor internal, seperti rendahnya minat belajar siswa terutama berkaitan dengan belajar menulis cerita pendek, rendahnya keterampilan membaca siswa yang berhubungan erat dengan keterampilan menulis siswa, dan sebagainya, serta faktor eksternal, seperti lingkungan belajar yang kurang kondusif, penggunaan pendekatan pembelajaran yang kurang tepat, penggunaan model pembelajaran yang bersifat konvensional, penggunaan metode dan teknik pembelajaran yang bersifat monoton, jarangnya guru menggunakan media pembelajaran yang menarik dan efektif sehingga siswa tidak memiliki motivasi belajar yang cukup, penggunaan bahan ajar yang kurang spesifik dan mudah dipahami siswa, dan sebagainya. Adapun upaya untuk mengatasi rendahnya keterampilan menulis cerita pendek yang terjadi pada siswa kelas V sekolah dasar adalah penggunaan pendekatan, model, metode, teknik, dan media pembelajaran. Selain itu, guru juga dapat menggunakan bahan ajar yang tepat, berupaya meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca dan memahami wacana, serta meningkatkan minat membaca siswa. 
Institution Info

Universitas Peradaban