DETAIL DOCUMENT
PENILAIAN HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) DI KELAS V SD NEGERI WINDUAJI 01
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
ASTUTI, Aprilia Yuli
Subject
Hasil Belajar, Prestasi Siswa 
Datestamp
2022-08-28 04:03:17 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan guru dalam mengembangkan instrumen tes berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kesulitan guru kelas dalam mengembangkan instrumen tes berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) di kelas V SD Negeri Winduaji 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V SD Negeri Winduaji 01. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan guru kelas dalam mengembangkan instrumen tes berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) di kelas V SD Negeri Winduaji 01 terjadi pada tahap-tahap pengembangan instrumen tes berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills), seperti tahap menganalisis kompetensi dasar, tahap menyusun kisi-kisi soal, tahap memilih stimulus yang tepat dan kontekstual, tahap menulis butir pertanyaan sesuai dengan kisi-kisi soal, serta tahap membuat pedoman penskoran atau kunci jawaban. 
Institution Info

Universitas Peradaban