DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS PENDEKATAN CTL DAN RME DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SDN SE-DESA BENTAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
IRNAWATI, Ani
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2022-08-29 07:08:25 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan berupa rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa, terutama pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan CTL dan RME terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sedesa Bentar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji anava satu arah dengan sel tak sama dan uji pasca anava jika hipotesis ditolak dengan menggunakan uji komparasi ganda dengan Uji Tukey HSD dan Uji Scheffe dengan bantuan SPSS 16. Penelitian yang telah direncanakan terkendala adanya wabah virus corona (Covid-19), sehingga tidak dapat dilaksanakan di lokasi penelitian. Oleh karena itu, peneliti hanya melaksanakan studi literatur terhadap penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian ini. Hasil yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa Pendekatan CTL dan RME dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Pendekatan CTL dan RME lebih baik daripada pendekatan konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif siswa. 
Institution Info

Universitas Peradaban