DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN REVIEW LITERATUR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
PERMATASARI, Asih
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2022-08-29 07:08:17 
Abstract :
Berdasarkan hasil penelitian Trends In International Mathematics and Science Study tahun 2015 menunjukkan rendahnya prestasi matematika siswa Indonesia terkait dengan soal-soal atau masalah-masalah tidak rutin. Rendahnya nilai matematika di Sekolah Dasar juga karenakan siswa menganggap mata pelajaran matematika sulit dipahami diambil dari hasil penelitian terdahulu. Permasalahan tersebut mendasari tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Course Review Horay dan Numbered Head Together terhadap kemampuan pemecahan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Desain penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan beberapa artikel jurnal dan sumber lainnya yang terkait dengan penelitian ini untuk kemudian dibaca dan dikaji. Setelah data terkumpul, dilakukan pengujian dengan cara menganalisis data-data tersebut. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan diverifikasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan model pembelajaran model pembelajaran Course Review Horay dan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan pemecahan masalah. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran Numbered Head Together lebih unggul dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dari pada model pembelajaran Course Review Horay. Hal ini terlihat dari banyaknya artikel jurnal dan sumber lainnya yang mendukung terkait penerapan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Oleh karena itu, model pembelajaran kooperatif Course Review Horay dan Numbered Head Together dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika di kelas untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. 
Institution Info

Universitas Peradaban