DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN GENDER DI SDN 3 KEDUNGURANG TAHUN AJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
NURKHAFIDHOH, Charlina
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2022-08-29 07:08:13 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Kedungurang pada mata pelajaran matematika, salah satunya dalam pembelajaran soal cerita matematika. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari gaya belajar, bagaimana kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari gender, bagaimana kesulitan siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari gaya belajar, bagaimana kesulitan siswa perempuan dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari gaya belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya belajar, gender, siswa laki -laki ditinjau dari gaya belajar dan siswa perempuan ditinjau dari gaya belajar. Prosedur analisis yang digunakan adalah prosedur newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, tes, dan wawancara dengan subjek penelitian sejumlah 11 siswa. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, gaya belajar yang paling dominan yaitu gaya belajar visual sebanyak 8 siswa sedangkan gaya belajar auditorial dan kinestetik sebanyak 7 siswa, ketiga gaya belajar tersebut memiliki kesalahan sesuai dengan prosedur newman. Kedua, siswa laki-laki dan perempuan mengalami kesalahan sesuai prosedur newman yaitu memahami masalah, transformasi, proses perhitungan dan menarik kesimpulan. Ketiga, siswa laki-laki dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik mengalami kesalahan memahami masalah, transformasi, proses perhitungan dan menarik kesimpulan. Keempat, siswa perempuan mengalami kesalahan memahami masalah, transformasi, proses perhitungan, dan menarik kesimpulan. Solusi yang ditawarkan untuk meminimalisir kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita adalah dengan memperbanyak latihan mengerjakan soal cerita. 
Institution Info

Universitas Peradaban