DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
INAYATI, Dian Sofia
Subject
Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar 
Datestamp
2022-09-01 02:55:42 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan LKS dalam pembelajaran yang bukan rancangan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS matematika berbasis kearifan lokal materi bangun datar siswa kelas IV sekolah dasar yang layak digunakan. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Kalierang 01 yang berjumlah 38 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar penilaian untuk ahli, angket tanggapan siswa, serta angket respon guru. Hasil penelitian menunjukkan dari penilaian validasi ahli materi mendapat nilai rata-rata sebesar 94,6% dengan kategori sangat baik, penilaian validasi ahli media mendapat nilai rata-rata sebesar 78,6% dengan kategori baik, hasil angket tanggapan siswa mendapat nilai rata-rata sebesar 89,75% dengan kategori sangat baik, dan angket respon guru mendapat nilai rata-rata sebesar 85,7% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS matematika berbasis kearifan lokal materi bangun datar siswa kelas IV sekolah dasar termasuk layak digunakan. 
Institution Info

Universitas Peradaban