DETAIL DOCUMENT
KEUNGGULAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DAN METODE CERAMAH PLUS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD BERDASARKAN REVIEW HASIL PENELITIAN TERBARU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
MELINDA, Felny
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2022-09-03 03:24:47 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan berupa kurangnya pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penerapan metode penemuan terbimbing dan metode ceramah plus pada pembelajaran matematika sekolah dasar berdasarkan review hasil penelitian terbaru. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yang bersifat studi kepustakaan. Data-data yang berkaitan dengan penelitan diperoleh dari hasil penelitian-penelitian terbaru yang relevan berkaitan dengan metode penemuan terbimbing dan metode ceramah plus. Berupa jurnal, artikel, buku-buku, laporan penelitian dan sumber lain yang relevan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan metode penemuan terbimbing dan ceramah plus dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa secara umum. Selain itu pada hasil belajar siswa, kemampuan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah matematik, aktivitas pembelajaran, keaktifan siswa dan lain sebagainya. Saran dari penelitian ini adalah pendidik hendaknya lebih mengembangkan metode pembelajaran yang digunakan terutama pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. 
Institution Info

Universitas Peradaban