DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI SD NEGERI KARANGWANGKAL
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
INDRIYANI, Intan
Subject
Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar 
Datestamp
2022-09-04 07:30:13 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah siswa yang rendah dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi FPB dan KPK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika yang ditinjau dari gaya belajar. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 22 siswa kelas IV dimana yang diambil sebagai sampel penelitian ada 6 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif metode deskriptif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan diverifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu kesulitan pemecahan masalah pada subjek visual sebanyak 87,5 %, subjek auditorial sebanyak 67,5% dan subjek kinestetik sebanyak 82,5%. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukan bahwa subjek auditorial merupakan subjek yang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik diantara subjek gaya belajar visual dan kinestetik. 
Institution Info

Universitas Peradaban