DETAIL DOCUMENT
GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK BERPRESTASI AKADEMIK BEDASARKAN GENDER PADA KELAS V SD NEGERI KARANGSARI WLAHAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
WIDYASTUTI, Linda
Subject
Hasil Belajar, Prestasi Siswa 
Datestamp
2022-09-07 08:02:29 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh bkarakteristik gaya belajar yang berbeda pada peserta didik akademik. Penelitian ini bertujuan mendeskrepsikan gaya belajar yang digunakan oleh siswa berprestasi akademik kelas V di SD Negeri Karangsari Wlahar. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa berprestasi akademik kelas V. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini memakai teknik analisis data Milles dan Huberman. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pengumpulan, reduksi, men-display, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan gaya belajar peserta didik berprestasi akademik pada kelas V di SD Negeri Karangsari Wlahar merupakan Kombinasi dari gaya belajar vak. Cenderung gaya belajar yang digunakan oleh siswa berprestasi akademik berbeda-beda. siswa dengan peringkat 1 lebih gaya belajar visual. Siswa dengan peringkat 2 lebih pada gaya belajar auditori, dan siswa pada peringkat 3 lebih pada gaya belajar kinestetik dan siswa lainnya tidak memiliki gaya belajar yang dominan. Dari siswa kelas V berprestasi yang menjadi subjek penelitian, tidak ada satu gaya belajar dominan yang digunakan oleh siswa berprestasi akademik. Sehingga dalam penelitian ini menyatakan bahwa gaya belajar bukanlah satu faktor yang mempengaruhi prestasi akademik siswa. Terdapat faktor lain yang mempengaruhinya yaitu: dorongan dari orang tua, metode mengajar guru, lingkungan belajar siswa dan minat. 
Institution Info

Universitas Peradaban