DETAIL DOCUMENT
PERAN GURU DALAM MANAJEMEN KELAS BERBASIS KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA KELAS IV B SD ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
NINGRUM, Nissysari
Subject
371.1 Guru, Manajemen Kelas 
Datestamp
2022-09-08 05:51:13 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam manajemen kelas berbasis kerja kelompok untuk meningkatkan motivasi siswa kelas IV B SD Islam Ta?allumul Huda Bumiayu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV B dan guru pendamping kelas IV B. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data mengunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dalam manajemen kelas dengan pendekatan kerja kelompok memiliki berbagai peranan. Adapun peran guru tersebut adalah sebagai perencana yang dilakukan disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran dan karakteristik siswa, sebagai pelaksana yang dilakukan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat dengan mempertimbangkan efesiensi dan efektivitas, sebagai evaluator yang dilakukan dengan menilai kegiatan pembelajaran dan manajemen kelas berbasis kerja kelompok yang sudah dilaksanakan, sebagai fasilitator yang dilakukan dengan memfasilitasi kebutuhan siswa dalam pembelajaran, serta sebagai organisator yang dilakukan dengan memonitor dan mengatur kegiatan pembelajaran dan manajemen kelas berbasis kerja kelompok agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditentukan dapat tercapai. 
Institution Info

Universitas Peradaban