DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DENGAN MODEL THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN LITERATUR REVIEW
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
ROBI, Robi
Subject
Hasil Belajar, Prestasi Siswa 
Datestamp
2022-09-10 03:06:28 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan meninjau mengenai perbandingan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan model Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, buku, makalah atau artikel, jurnal dan sebagainya untuk kemudian dibaca dan dikaji. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu, organize, synthesize, dan identify. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran CIRC dengan model TTW terhadap hasil belajar siswa. Kedua model tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Model CIRC dan model TTW dapat menjadikan siswa lebih aktif dalam pembelajaran, lebih berpusat pada siswa, saling bertukar pikiran atau pendapat, dan pembelajaran lebih menyenangkan. Guru harus mampu melakukan persiapan dan pengelolaan kelas agar proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Model tersebut juga dapat dikombinasikan dengan media atau pendekatan berbasis lainnya untuk lebih memaksimalkan proses pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Peradaban