DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN LUMBIR TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
SEJAHTERA, Susanto Muji
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2022-09-13 07:16:55 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V pada pembelajaran IPA yang disebabkan penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara siswa yang diajar dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning), PjBL (Project Based Learning), dan konvensional ditinjau dari keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Lumbir Tahun Pelajaran 2019/2020, serta untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara pembelajaran dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning), PjBL (Project Based Learning), dan konvensional ditinjau dari keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Lumbir Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Lumbir. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis varians satu arah dengan sel tak sama. Penelitian yang telah direncanakan terkendala adanya wabah virus corona (Covid-19), sehingga tidak dapat dilaksanakan di lokasi penelitian. Oleh karena itu, peneliti hanya melaksanakan studi literatur terhadap penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian diperoleh menunjukkan bahwa model PBL (Problem Based Learning) dapat memengaruhi keterampilan berpikir kritis hasil belajar IPA, hasil belajar matematika, hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan, minat belajar, prestasi siswa pada pembelajaran kimia, motivasi, dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Model PjBL (Project Based Learning) dapat memengaruhi hasil belajar IPA, hasil belajar kewarganegaraan, kreativitas, sikap ilmiah, pemahaman, hasil belajar matematika, kepercayaan diri dalam menulis puisi, kemampuan penalaran operasional konkret, kemampuan berpikir kritis IPA, serta aktivitas siswa dalam pembelajaran. Keterampilan berpikir kreatif dapat dipengaruhi model pembelajaran berdasarkan atau berbasis masalah, model pembelajaran inkuiri, model problem based learning, model learning cycle, model discovery learning, model project based learning, model pembelajaran kooperatif tipe TPS, serta pendekatan saintifik 
Institution Info

Universitas Peradaban